Cara Menjaga Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi

Cara Menjaga Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi

Sobat sehat, bagaimana kabar hari ini? Semoga kabar baik yaa, karena kali ini sobat sehat mau share tentang Bagaimana sih Cara menjaga imunitas tubuh di masa pandemi. Tentunya dengan menjaga Imunitas tubuh kita bisa menghindari dan membentengi diri dari virus Corona di masa pandemi ini. Ngeri juga kan yaa kalo bisa sampe kena, marilah sayang kepada diri sendiri sama halnya dengan menyayangi keluarga kita...

Walaupun kabarnya pemerintah sendiri akan memberikan vaksin secara gratis untuk rakyatnya, Namun tetap saja kita sebagai mahluk hidup dituntut untuk menjaga imunitas tubuh kita. sambil kita menunggu mendapat antrian vaksin nya, yuk simak Cara menjaga imun di masa pandemi.

Cara Menjaga Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi.

  1. Tidur Yang cukup.

  2. Cara Menjaga Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi
    Tidur menjadi kebutuhan setiap orang, bagaimana jadinya kalo kita mahluk hidup tidak tidur, yang ada malah menambah masalah, dengan menjaga tidur kita, sama saja sedang memproteksi diri dari virus Corona. Berapa lama sih ideal nya tidur kita sesuai umur yaitu :
    • Remaja usia 14–17 tahun: 8–10 jam per hari.
    • Dewasa muda usia 18–25 tahun: 7–9 jam per hari.
    • Dewasa usia 26–64 tahun: 7–9 jam per hari.
    • Lansia usia dia atas 65 tahun: 7–8 jam per hari.
  3. Konsumsi Makanan sehat.
  4. Makanan sehat adalah makanan yang seharusnya mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
    Cara Menjaga Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi

    Mengonsumsi berbagai jenis makanan bisa memberikan nutrisi yang berbeda, sehingga gizi yang diperlukan oleh tubuh bisa terpenuhi. Makanan yang sehat yaitu dengan 4 sehat 5 sempurna apa itu? Dalam konsep 4 sehat 5 sempurna yang dikampanyekan pemerintah, dibagi atas empat sumber nutrisi penting, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu bila mampu, menjadi lima sempurna.
  5. Konsumsi Multivitamin.
  6. Selain makanan dan minuman bergizi, suplemen vitamin sangat baik dikonsumsi untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, jadi sangat diperlukan untuk kita yang sedang menjaga diri dari virus.
    Cara Menjaga Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi

    Sebelum membeli dan mengonsumsi vitamin, ada baiknya bila kita mengetahui manfaat dan risiko dari mengonsumsi vitamin tersebut. Dengan cara berkonsultasi dengan dokter, membaca label kemasan produk supaya aman, dan pastikan BPOM nya.
  7. Berolahraga.
  8. Olahraga merupakan salah satu cara paling praktis dan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi masih sering kali terabaikan. Padahal, dengan berolahraga dan aktif bergerak secara rutin, tubuh dapat lebih bugar dan kesehatan kita pun akan tetap terjaga.
    Cara Menjaga Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi

    Pada umumnya waktu durasi berolahraga yang baik itu 150 menit per Minggu atau 30 menit dalam sehari, bisa juga menjadi dua sesi 15 menit di pagi hari 15 menit di sore hari.
  9. Kendalikan strees.

  10. Cara Menjaga Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi

    Stres pernah dirasakan siapa saja, perasaan cemas,marah, depresi, kesepian. hal yang biasa dirasakan oleh manusia, namun jika terlalu berlarut akan menyebabkan kita kehilangan kontrol dan kerusakan pada mental kita. Oleh karena nya kita harus mengetahui Cara mengatasi stres dan mencapai jiwa yang sehat yaitu:
    1. Bicarakan keluhan dengan seseorang yang dapat dipercaya.
    2. Melakukan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan.
    3. Kembangkan hobi yang bermanfaat.
    4. Meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri pada Tuhan.
    5. Berpikir positif.
    6. Tenangkan pikiran dengan relaxs.
  11. Tidak Merokok.

  12. Cara Menjaga Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi

    'Merokok dapat membunuhmu' begitu slogannya, namun tetap saja banyak sekali yang masih Merokok dengan alasan dapat menenangkan pikiran, justru menenangkan pikiran adalah dengan kita mendekatkan diri dengan Tuhan dan berfikir positif setiap waktu. Maka dari itu berusahalah untuk tidak merokok karena menggangu kesehatan kita di masa mendatang. Yuk kita jaga imunitas tubuh dengan galakkan diri kita untuk hidup sehat tanpa rokok.
  13. Berjemur di bawah sinar matahari.
  14. Berjemur di bawah sinar matahari juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga sinar matahari berperan penting di dalam menjaga dan merawat kesehatankulit, Kandungan vitamin D yang terbentuk akibat paparan sinar matahari juga dapat membantu mencegah infeksi pada tubuh dan melawan penyakit, Bukan tidak mungkin bila rutin berjemur di bawah sinar matahari setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita akan terhindar dari virus Corona.
    Cara Menjaga Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi

    Waktu yang tepat untuk berjemur yaitu sekitar jam 09.00-10.00 pagi karena kemungkinan bahaya sinar UV kecil. Walaupun memang sah2 saja lebih dari jam segitu Namun, perlu diketahui bahwa berjemur di atas jam 10.00 pagi bahaya paparan sinar UV tergolong besar.

    Berjemur cukup hanya dengan 5 menit saja, Sebelum berjemur ada baiknya juga kita memakai lotion pelindung sinar matahari terlebih dahulu agar lebih aman.

    Jadi, untuk menjaga imunitas diri kita perlunya kemauan dan kesadaran untuk hidup sehat, dan pastinya lebih ekstra lagi di masa pandemi ini, tidak perlu panik cukup dengan mengikuti langkah diatas insyaallah kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit, tentunya kita sama-sama berdoa supaya Virus Corona segera hengkang dari muka bumi ini, dan jangan lupa 3 M nya.