Cara Menambahkan Breadcrumb Resep Masakan Untuk Keperluan SEO


Mendapatkan hasil yang bagus di penelusuran google, adalah dambaan semua blogger, tidak jarang para blogger ingin sekali artikelnya berlabel, misal di bawah judul terdapat dataterstruktur AggregateRating, dataset, event dan yang lainya, atau deskripsi lengkap masalah artikelnya.

{tocify} $title={Daftar Isi Artikel}

Nah pada postingan kali ini saya akan berbgi bagaimana caranya membuat atau menambahkan kode dataterstruktur JSON-LD dalam bentuk resep masakan, atau khusus untuk blog niche resep masakan. Lalu bagaimana cara membuatnya, silahkan ikuti petunjuknya di bawah ini dengan seksama.

Langkah-Langkah Untuk Memulai Memasang Markup Skema Resep

  • 1. Buka: Dashboard blogger .
  • 2. Masuk ke tema edit template atau HTML.
  • 3. Kopi dan paste kode script schema org.
  • 4. Pastekan tepat di atas tag </head>, kemudian Simpan.
Selesai

Kode Script Markup Skema Resep Masakan

Kopi dan paste semua kode script di bawah ini.

<script type="application/ld+json"> { "@context": "https://schema.org/", "@type": "Recipe", "name": "Oseng Kembang Kates Teri Enak Tidak Pahit", "image": "https://img-global.cpcdn.com/recipes/e0ad078270613d31/751x532cq70/oseng-kembang-kates-teri-enak-tidak-pahit-foto-resep-utama.jpg", "description": "Tumis bawang dan cabe sampai harum masukan teri medan goreng sebentar,masukan. Supaya rasa kembang turi tidak pahit, cara yang dapat anda lakukan adalah mebuang putik bunga di dalam yang berwarna putih. Cara ini untuk menghilangkan rasa pahit pada kembang turi.", "keywords": "", "author": { "@type": "Person", "name": "Alvin Vargas" }, "aggregateRating": { "@type": "AggregateRating", "ratingValue": "3.1", "reviewCount": "14" }, "nutrition": { "@type": "NutritionInformation", "calories": "235 calories", "fatContent": "10 grams fat" }, "prepTime": "PT21M", "cookTime": "PT2H", "recipeIngredient": [ "500 gram kembang kates", "1 genggam teri", "10 buah cabe merah", "5 buah cabe rawit", "4 siung bawang merah", "1 siung bawang putih", "secukupnya Garam", "secukupnya Kaldu bubuk", "1/4 sdt Gula", "Pucuk daun senggani/kharendong untuk merebus" ], "recipeInstructions": [ { "@type": "HowToStep", "text": "Panaskan 2 liter air di dalam panci. Lalu masukkan daun senggani yang sudah dicuci bersih. Tambahkan sedikit garam (juga berfungsi mengurangi rasa pahit). Biarkan hingga air mendidih." }, { "@type": "HowToStep", "text": "Cuci bersih teri dan kembang kates yg sudah dipisahkan dari tangkainya." }, { "@type": "HowToStep", "text": "Haluskan cabe merah, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih." }, { "@type": "HowToStep", "text": "Setelah air mendidih masukkan kembang kates, biarkan sampai empuk. Angkat." }, { "@type": "HowToStep", "text": "Pisahkan kembang kates dan daun senggani. Lalu cuci bersih kembang kates." }, { "@type": "HowToStep", "text": "Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan teri. Lalu tambahkan garam, kaldu bubuk dan gula. Tambahkan 2 sendok air. Terakhir masukkan kembang kates, aduk hingga bumbu merata dan meresap." }, { "@type": "HowToStep", "text": "Angkat dan oseng kembang kates teri enak tidak pahit siap disajikan." } ] } </script>{codeBox}

Cara Pemasangan Yang Baik dan Benar

Perhatikan semua isi judul, deskripsi dan url artikel yang di maksut untuk di sorot, ganti semua dengan deskripsi dan url milik kalian.

Yang terakhir cek di Google Search Console dengan cara inspeksi url web kalian, apa bila mendapati kode eror atau data terstruktur tidak dapat di urai, perhatikan, dan ulangi langkah ini dari awal, namun apa bila tidak terjadi eror, maka inspeksi url situs web milik kalian kembali, kemudian klik minta pengindekan, selanjutnya tunggu hasilnya beberapa hari kedepan.

Mudah bukan, silahkan di praktekan, apa bila sulit mendapatkan kode ini, kalian bisa menghubungi saya lewat tombol bantuan kontak email, nanti insaallah kalau senggang akan saya kirim kodenya lewat email.