Cara Memperbaiki Data Terstruktur Tidak Dapat Diurai


Permasalahan Google Search Console  ini sebenernya cukup unik, dan pastinya mudah sekali kita perbaiki apabila kita tau caranya, namun akan membinggungkan jika kita tidak mau belajar. Oleh karena itu tidak jarang para blogger kesulitan mengatasi masalah ini. 

{tocify} $title={Daftar Isi Artikel}

Pada artikel kali ini, saya akan membahas bagaimana caranya memperbaiki data terstruktur tidak dapat diurai atau eror yang terjadi di google search console, pada template kalian semua. Biasanya masalah seperti ini disebabkan masalah breadcrumb, agregat rating, sitelink, dan yang lainya.

Di sini saya hanya akan berbagi satu-satu saja, yaitu masalah breadcrumb, namun saya akan bagikan kode JSON-LD  breadcumb dalam dua versi, yaitu versi jejak tunggal dan versi beberapa jejak. Apa bila template kalian versi jejak tunggal, lalu mendapati masalah data tersetruktur eror, kalian bisa menggunakan kode JSON-LD versi jejak tunggal tersebut.

Selanjutnya apabila template kalian terdapat versi beberapa jejak, dan mendapati masalah data terstruktur eror, kalian bisa menggunakan kode JSON-LD versi beberapa jejak, yang telah saya sedikan ini. Ingat! ini versi google yang terbaru ya, jadi bisa di gunakan sesuai versi template kalian.

Langkah-Langkah Memperbaiki Data Terstruktur Tidak Dapat Diurai

Pertama lihat permasalahanya terlebih dahulu di notifikasi google search console. Misal letak kodenya dimana dan yang lainya, lalu yang eror di bagian breadcrumb misalnya, maka kalian perbaiki yang breadcrumb. Dan berikut kode JSON-LD breadcrumb untuk menggantinya.

Kode Breadcrumb Jejak Tunggal

Gunakan kode JSON-LD ini, untuk breadcrumb jejak tunggal.

<title>Award Winners</title> <script type="application/ld+json"> { "@context": "https://schema.org", "@type": "BreadcrumbList", "itemListElement": [{ "@type": "ListItem", "position": 1, "name": "Books", "item": "https://example.com/books" },{ "@type": "ListItem", "position": 2, "name": "Science Fiction", "item": "https://example.com/books/sciencefiction" },{ "@type": "ListItem", "position": 3, "name": "Award Winners" }] } </script>{codeBox}

 

Kode Breadcrumb Untuk Beberapa Jejak

Gunakan kode JSON-LD ini, untuk breadcrumb beberapa jejak.

<title>Award Winners</title> <script type="application/ld+json"> [{ "@context": "https://schema.org", "@type": "BreadcrumbList", "itemListElement": [{ "@type": "ListItem", "position": 1, "name": "Books", "item": "https://example.com/books" },{ "@type": "ListItem", "position": 2, "name": "Science Fiction", "item": "https://example.com/books/sciencefiction" },{ "@type": "ListItem", "position": 3, "name": "Award Winners" }] }, { "@context": "https://schema.org", "@type": "BreadcrumbList", "itemListElement": [{ "@type": "ListItem", "position": 1, "name": "Literature", "item": "https://example.com/literature" },{ "@type": "ListItem", "position": 2, "name": "Award Winners" }] }] </script>{codeBox}

Cara Memasang Kode JSON-LD Breadcrumb

  • 1. Masuk dashbord blogger.
  • 2. Pilih Tema.
  • 3. Edit HTML.
  • 4. Cari kode yang eror, lalu ganti dengan yang baru, kemudian simpan.
  • 5. Kembali ke GSC, kemudian submit.
Selesai.

Jangan lupa kode yang lawas di hapus semua dan di ganti yang baru itu ya, cara setting, ubah url dan judul sesuai inti artikel utama milik kalian, yang sama persis dengan jenis breadcrumb tersebut.

- Hendri Asmoro

Bagaimana mudah bukan cara memperbaiki data terstruktur pada masalah breadcrumb yang terjadi eror atau mungkin telah usang atau rusak, silahkan gunakan seperlunya saja.

Apa bila ada yang masih belum jelas, silahkan di tanyakan ke kolom komentar bawah ini, lalu sebutkan permasalahan kalian tentang data terstruktur tidak dapat di urai , insaallah kalau pas nganggur akan saya bantu mengatasi ke eroran untuk template kalian pada data terstruktur yang rusak.