Cara Membuat Sitelink Search Box Lengkap Di Blogger


Pernah melihat web atau blog milik orang lain apa bila kalian telusuri dangan kata kunci inti terlihat tersusun rapih di pencarian google, namun terkadang kita belum tau bagaimana cara membuatnya.

{tocify} $title={Daftar Isi Artikel}

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana caranya membuat sitelink lengkap, untuk beberapa versi standar, lalu bagaimana cara selanjutnya, ikuti panduan saya berikut di bawah ini dengan seksama.

Langkah-Langkah Memasang Kotak Penelusuran 

  • 1. Buka: dashboard Blogger .
  • 2. Pilih tema kemudian edit HTML.
  • 3. Cari terlebih dahulu tag </head>.
  • 4. Kopi paste markup skema tepat di atas tag </head>.
  • 5. Simpan.
Selesai.

Markup Skema Kotak Penelusuran Versi Setandar

Gunakan kode JSON-LD di bawah ini.

<title>The title of the page</title> <script type="application/ld+json"> { "@context": "https://schema.org", "@type": "WebSite", "url": "https://www.example.com/", "potentialAction": { "@type": "SearchAction", "target": "https://query.example.com/search?q={search_term_string}", "query-input": "required name=search_term_string" } } </script>{codeBox}

Markup Skema Kotak Penelusuran Tersambung Aplikasi Versi Setandar

Gunakan kode JSON-LD di bawah ini.

<title>The title of the page</title> <script type="application/ld+json"> { "@context": "https://schema.org", "@type": "WebSite", "url": "https://www.example.com/", "potentialAction": [{ "@type": "SearchAction", "target": "https://query.example.com/search?q={search_term_string}", "query-input": "required name=search_term_string" },{ "@type": "SearchAction", "target": "android-app://com.example/https/query.example.com/search/?q={search_term_string}", "query-input": "required name=search_term_string" }] } </script>{codeBox}

Kode-kode di atas adalah versi standar resmi dan terbaru dari google ya, jadi kalian semua tidak perlu panik. Dan apa bila mendapati peringatan dataterstruktur tidak dapat diurai di google search console, artinya kalian salah seting waktu penerapanya, silahkan di perhatikan dan di ulangi langkahnya dengan baik dan benar.

Cara menggunakanyapun sama dengan yang lainya, yaitu sorot inti utamanya, berhubung ini kode sitelink search box, berarti ya nama web utama dan url utamanya yang kalian sorot, jadi jangan misal artikelnya atau yang lainya.

- Hendri Asmoro

Setelah di rasa cukup bagus dan di tes ke inspeksi url tidak ada ke eroran dataterstruktur, kalian bisa langsung minta pengindekan ke google, setelah meminta tunggu beberapa hari kedepan.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat sitelink search box untuk beberapa versi di web atau blog milik pribadi kalian sendiri, silahkan di praktekan, namun apabila ada yang perlu di pertanyakan, ya silahkan beri komentar kalian semua di sini.