Apa Arti "Mending Rakit PC" yang Sedang Viral? Kenapa Harus Rakit PC?

 "Mending rakit PC", kalimat ini mungkin sering Sobat temukan di kolom komentar berbagai sosial media. Buat Sobat yang belum mengerti tentang kalimat ini dan mengapa banyak orang menyarankan untuk rakit PC, berikut penjelasan lengkapnya?

Apa Arti Mending Rakit PC

Arti "Mending Rakit PC"

PC merupakan singkatan dari Personal Computer atau komputer desktop yang terdiri dari beberapa hardware (CPU, Monitor dan lainnya).

Arti dan maksud "Mending Rakit PC" adalah lebih baik untuk memilih dan membeli komponen - komponen komputer, lalu merakitnya sendiri.

Awalnya komentar "Mending Rakit PC" sering dijumpai pada sebuah postingan di sosial media, dimana seseorang meminta saran lebih baik mana untuk membeli Laptop atau PC.

Para pemuja "Mending Rakit PC" memang mempunyai alasan tersendiri untuk lebih menyarankan rakit PC sendiri, karena memiliki kelebihan dan keuntungan jika dibandingkan dengan laptop.

Keuntungan Merakit PC Sendiri

Memang merakit PC sendiri memiliki keuntungan tersendiri.

  • Bebas memilih komponen komputer seperti RAM, VGA, Processor, dan lainnya sesuai kebutuhan.
  • Bisa menunda membeli komponen yang tidak terlalu penting untuk menyesuaikan budget.
  • Lebih paham spesifikasi dan kemampuan komputer.
  • Memaksimalkan performa komputer untuk kebutuhan tertentu.

Kelebihan PC Dibandingkan Laptop

Selain memiliki keuntungan, PC juga memiliki kelebihan dari komputer jenis lain seperti laptop.

  • Harga relatif lebih murah. Karena spesifikasi bisa disesuaikan dengan budget.
  • Daya tahan lebih kuat.
  • Komponen bisa di upgrade.
  • Reparasi dan perawatan lebih mudah.

Dengan alasan kelebihan dan keuntungan, merakit PC sendiri memang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk sebagian orang. Maka tak heran, banyak yang lebih menyarankan untuk merakit PC sendiri ketimbang membeli laptop atau mini PC.

Kekurangan PC Dibandingkan Laptop

Meskipun memiliki keuntungan dan kelebihan, merakit PC sendiri juga memiliki kekurangan.

  • PC rakitan tidak bisa dibawa kemana - mana seperti laptop.
  • Merakit PC harus memiliki pengetahuan mendalam tentang komputer.
  • Membutuhkan daya listrik lebih besar.

Sejarah "Mending Rakit PC" Menjadi Meme dan Viral

Memang kelebihan dan keuntungan dari merakit PC sendiri membuat sebagian orang memilih rakit PC daripada beli laptop. Hal ini membuat sebagian orang yang memilih rakit PC selalu menyarankan untuk merakit PC sendiri.

Sering kita jumpai postingan seseorang yang meminta saran untuk keperluan komputernya di sosial media, kita pasti menemui salah satu komentar yang berisi "Mending Rakit PC".

Bahkan ketika seseorang meminta saran dengan perbandingan laptop vs laptop, banyak komentar yang menyarankan "mending rakit PC".

Sangking fanatiknya pemuja PC rakitan, orang yang meminta saran untuk sebuah smartphone.juga disarankan untuk rakit PC. Contohnya,

"Gan, buat main game PUBG pakai HP apa yang bagus?", kaum "mending rakit PC menjawab "Kalau buat main game, rakit PC aja boss" atau "Daripada beli HP, mending rakit PC"

Hal ini membuat sebagian orang merasa gemes kepada orang - orang yang selalu menyarankan untuk merakit PC tanpa melihat konteks dan kebutuhan dari peminta saran. Mengingat kebutuhan setiap orang berbeda, tidak semua membutuhkan PC rakitan meskipun memiliki kelebihan dan kekurangan.

Akhirnya banyak sindiran, sarkasme dan meme yang menjadi viral akibat kefanatikan kaum "Mending Rakit PC"

Fenomena Viral Komentar "Mending Rakit PC"

Mimind sebenarnya juga lebih memilih untuk merakit PC sendiri, mulai dari kebutuhan gaming, kerja hingga browsing menggunakan PC desktop rakitan lebih nyaman. Namun, kebutuhan setiap orang berbeda - beda, tidak semua bisa menggunakan PC dekstop untuk kebutuhannya.

Misal, seorang mahasiswa yang tidak mungkin menenteng PC dan monitor ke kampus untuk kuliah.

Jadi, untuk memberi saran kita harus melihat konteks dan kebutuhan si peminta saran.

Baca Juga :